Alfa NorandaMENGENAL WEBSITE PUSTAKA

Halaman website perpustakaan ini mulai di rintis sejak tahun 2017 akhir, tepatnya tanggal 30 Nopember 2017, dirilis kepada publik pada 07 Desember 2017 dengan Domain dan Server yang disediakan oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Website ini menggunakan platform yang bersifat opensource (terbuka), diuji secara offline terlebih dahulu, baru didaringkan. Hal yang menjadi alasan dasar perpustakaan ini dirilis kepada publik adalah karena ketertinggalan jauhnya pustaka museum nasional dari teknologi dan pengelolaan informasi bahan perpustakaan yang tersedia diperpustakaan. Penggunaan dan Pengembangan Platform serta pengelolaan pada SQL Table pada Website ini sepenuhnya dikelola oleh Alfa Noranda yang sekaligus merupakan Pengelola Bahan Pustaka di Museum Nasional. Penggunaan Platform pada proses peningkatan dan penggunaan konten seluruhnya dikembangkan secara mandiri kecuali katalog daring diselaraskan untuk membantu kinerja pegawai diperpustakaan sehingga bisa diakses oleh masyarakat dan pegawai yang membutuhkan.

Platform pertama yang dirilis adalah Katalog Daring tepat pada 07 Desember 2017 beroperasional selama satu bulan halaman tumbang karena terdapat beberapa bug dan kebocoran sistem, serta hilangnya beberapa script. Pada bulan Januari 2018 sistim katalog daring tersebut dihentikan daringnya selama hampir 2 minggu sejalan dengan perbaikan perbaikan yang dilakukan secara offline. kejadian seperti ini terulang kembali pada pertengahan tahun 2018, tepatnya pada bulan Juli 2018. Hingga awal 2019 masih terjadi beberapa mal-sistem yang tidak terlalu parah.

Platform kedua yang dirilis terdapat empat (4) macam. platform platform tersebut adalah sebagai berikut: E-Book, E-Jurnal dan E-Heritage serta E-Photo. Keempat platform tersebut dibuat berkenaan dengan adanya fungsi perpustakaan sebagai bagian organisasi yang melakukan pelayanan kepada masyarakat, seperti yang diketahui bahwa perpustakaan mengelola bahan pustaka yang berisikan informasi yang tujuannya sampai kepada masyarakat. seringnya muncul pertanyaan pertanyaan mengenai bahan pustaka yang terangkum dalam bahan pustaka yang tersedia dapat tersampaikan dengan adanya empat platform ini.

E-Book adalah bagian dari ide Program Perubahan Kepala Museum yang menginginkan adanya perubahan dan penyempurnaan model pelayanan yang bersifat daring disebut juga dengan perpustakaan digital. Laman ini disediakan dalam tujuan, mendukung program perubahan demikian dapat terealisasi. Pada laman E-Book ini pemustaka dapat mengakses buku berbentuk pdf ini secara daring dan mengunduhnya. Buku Buku ini berasal dari sumbangan pemustaka peneliti yang berkunjung secara langsung ke Pustaka Museum Nasional serta Pencarian saya secara langsung dan melakukan pengunduhan ke perpustakaan yang menyediakannya. Sampai saat ini buku pdf yang disediakan pada laman E-Book ini disesuaikan dengan buku fisik yang secara nyata dapat ditemui di pustaka Museum Nasional. Saat sekarang (2019) buku pdf yang tersedia adalah buku buku langka yang mana buku tersebut di masa lalu adalah hasil yang di terbitkan oleh Bataviaasch Genootschaap melalui organisasi Kunsten en Wetenschappen (sekarang: Pustaka dan Museum). Platform yang digunakan dalam penyuguhan E-Book ini telah berganti-ganti, awalnya sistim yang digunakan adalah HTML, saat ini menggunakan platform khusus yang berasal dari sumbangan komunitas untuk mempermudah pengelolaaannya.

E-Jurnal adalah Jurnal terbitan museum nasional yang dibuat dan dicetak oleh Bidang Penyajian dan Publikasi dan dimana proses pembuatannya menggunakan Anggaran Negara. Sampai saat ini Laman E-Jurnal bersistim HTML. E-Heritage adalah bentuk Produk Hukum (Regulasi) yang mengatur mengenai penetapan Cagar Budaya yang ada pada Museum Nasional. Laman ini dibuat dalam tujuan untuk mempermudah masyarakat dan pemustaka menemukan dokumen resmi mengenai Cagar Budaya yang telah ditetapkan dan ada di Museum Nasional. E-Photo adalah laman yang dibuat dengan tujuan mendistrubusikan koleksi berbentuk dokumentasi foto yang terdapat pada pustaka. Foto foto tersebut adalah dokumentasi yang berbentuk buku album foto bersejarah yang terjadi pada masa pra kemerdekaan. Foto yang tersedia berupa, foto tokoh, foto lingkungan, foto suku bangsa dan foto koleksi yang terdapat pada halaman halaman buku. Foto-foto tersebut disalin ulang dengan cara merepro kembali dan menghasilkan data digital dan dapat digunakan untuk didistribusikan kepada masyarakat serta pemustaka yang membutuhkan.

Halaman Utama/Main Page