Muhammad Fahri

From Ensiklopedia Museum Nasional Indonesia
Jump to: navigation, search
Muhammad Fahri PUSTAKA MUSEUM NASIONAL of IndonesiaLaporan Magang: Muhammad Fahri unduh


Senin-Selasa, 12-13 Agustus 2019[edit]

Kegiatan Pencarian data di Perpustakaan Museum Nasional lantai 6 Gedung B. Mendapatkan beberapa buku koleksi Museum sebagai refrensi baik untuk membahas tentang Kajian saat Magang, Proposal Skripsi dan Skripsi itu sendiri. Kegiatan dilaksanakan selama seharian penuh.


Rabu, 14 Agustus 2019[edit]

Pembuatan atau mengisi ensiklopedia Museum Nasional dengan subjeknya adalah arca Buddha dengan nomor inv.2775 yang berasal dari Candi solok sipin, Jambi. Kegiatan dilakukan dengan pendokumentasian terhadap koleksi di Gedung A Museum Nasional. Kemudian, di Input ke Wiki Museum Nasional yang telah tersedia.

Hasil yang dipelajari : Mengetahui sistem pengisian Ensiklopedia Museum, dengan cara mendaftarakan sebagai anggota dan menginput hasil dari tulisan ke website yang telah disediakan.

Rabu-Jumat, 21-23 Agustus 2019[edit]

Rabu-Jum’at, Tanggal 21-23 Agustus dipindahkan ke seksi perpusatakaan yang dimana masih di bawah bidang Registrasi dan Dookumentasi. Saat di perpustakaan selain mencari refrensi juga melanjutkan pengembangan isi dari enskloedia yang membahas tentang arca Buddha Candi Solok sipin dan ditambah 4 makara di Candi yang sama.

No Nama Koleksi & No.Inv
1
Makara 459 b
2
Makara 459 c
3
Makara 459 d
4
Makara 459 e


Senin, 26 Agustus 2019[edit]

Hari Senin, 26 Agustus 2019. Perbaikan dari beberapa kesalahan pada ensklopedia dan dilanjutkan dengan pembuatan website untuk peprustkaan arkeologi unja dan yang bersangkutan dengan literasi nya. Diperkirakan akan berlanjut hingga mahir dan magang selesai.


Selasa, 27 Agustus 2019[edit]

Selasa, 27 Agustus 2019. Pada hari ini kegiatan mencari refrensi seputar kajian magang yang dimana menjadi peraturan dan syarat hasil magang. Penulis mengambil pembahasan yang bersangkutan dengan storyline Museum Nasional, baik profil setiap ruangan, Apa saja tema dari gedung dan ruangan yang menciptakan alur cerita, dan keterlibatan SDM Museum terhadap perancangan dan proses pembuatan alur cerita museum. Kegiatan berlangsung di Perpustakaan Museum Nasional. Hal ini, bertujuan memudahkan dalam menemukan refrensi yang di cari seputar Museum.


Rabu, 28 Agustus 2019[edit]

Rabu, 28 Agustus 2019 Kegiatan pada hari ini adalah merancang form kuesioner seputar kajian magang selama di Museum. Form Kuesioner sendiri berisikan tentang Respon Pengujung terhadap tata ruang pameran Museum Nasional. Setelah itu susunan form akan diserahkan kepada Bidang Kemitraan dan Pelayanan guna di tindak Lanjuti. Kemudian kegiatan selanjutnya adalah pemindahan Jurnal Bataviaasc Genotschaap dan mensusunya kembali di rak yang telah ditentukan.

Hasil yang dipelajari : Penanganan dalam memegang buku lama sangatlah penting karena tekstur nya yang keras dan rapuh membutuhkan teknik khusus dan cenderung tidak semberono. Membenahi buku di setiap rak perlu cara yang benar pula, penggunaan sarung tangan karet sangat penting agar buku tidak langsung menyentuh kulit.


Kamis, 29 Agustus 2019[edit]

Kamis, 29 Agustus 2019, diisi dengan kegiatan pribadi yaitu deskripsi setiap ruangan koleksi di Museum Nasional baik gedung A dan Gedung B. deskripsi dimulai dengan ruangan di gedung A, dari Aula, Rotunda, Selasar Utara, Ruang Kertarasjasa, Selasar Selatan, dan Taman Arkeologi. Selain itu, Gedung B dilakukan dari Lantai satu sampai lantai 3. Untuk lantai empat akan dilanjutkan besok tanggal 30 September 2019.


Jumat, 30 Agustus 2019[edit]

Jum’at, 30 Agustus 2019, kegiatan dimulai dengan melanjutkan mencari refrensi seputar ruang koleksi yang ada di Museum Nasional. Kegiatan dilakukan seperti tanggal 29 Agustus dengan mendeskripsikan keadaan ruangan pada lantai empat dengan tema ruangan Khasanan Perhiasan dan BMKT di Indonesia.


Senin, 2 September 2019[edit]

Senin, 2 September 2019. Hari ini juga perpustakaan kedatangan teman dari universitas Veteran Jakarta Nur Syamsiah dan Eva Nurinayah juga Dari Politeknik di Palembang bernama Dafa.Kegiatan hari ini Pembuatan form Kuesioner tertanggal 28 Agustus 2019 telah di setujui oleh Bidang Kemitraan dan Pelayanan. Kuesioner akan di publikasikan ke Pengunjung beberapa hari kedepan. kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perbaikan ensklopedia Makara dan Arca Buddha Solok sipin, Jambi. Setelah itu melanjutkan laporan kajian Magang hingga jam kerja selesai.


Selasa, 3 September 2019[edit]

Selasa, 3 Sepetember 2019. kegiatan Hari ini adalah pengenalasan setiap ruangan terhadap teman-teman magang (Cia, Eva, dan Daffa). Dimulai dari Gedung A hngga empat lantai di gedung B. Pada saat itu saya menjelaskan beberapa koleksi yang saya ketahui sebagai salah satu publikasi di dalam Arkeologi dalam artian bahwasanya pengetahuan artefak dan sebagainy adalah milik semua orang dan hak bersama untuk mengetahuinya serta kewajiban bersama dalam melestarikannya. kemudian di lanjutkan dengan pelabelan barcode terhadap Buku-buku lama Bataviaasc Genotscahaap bersama Daffa, sembari melaksanakan pelabelan kami berdiskusi seputar perkembangan Ilmu pengetahuan seputar Sejarah dan keterkaitan dengan ilmu yang kami terapkan masing-masing. Pelabelan akan di lanjutkan besok dikarenakan waktu dan jumlah buku.

Hasil yang Dipelajari : Pengetahuan seputar pelabelan terhadap Buku bersama Daffa sebagai bagian dari publikasi Pustaka Museum Nasional yang berbasis Digital.


Rabu, 4 September 2019[edit]

Rabu, 4 September 2019, Melanjutkan kegiatan pelabelan terhadap buku-buku Belanda bersama rekan magang Muhammad Daffa Atallarick . Hari ini dilakukan sampai dua rak buku dan awal mulanya terjadi kendala dikarenakan kesalahn memberi nomor label. Namun, tetap bisa di handle. kegiatan berlanjut hingga istirahat dan dilanjutkan setelah istirahat hingga jam Pulang.
Catatan : Akan dilakukan Pendataan terhadap Buku yang sudah di label dalam bentuk softfile.

Kamis, 5 September 2019[edit]

Kamis,5 September 2019. Masih kegiatan yang sama bersama Daffa yakni, pelabelan Buku. Kali ini buku yang terletak di rak 14 dengan buku Verhandelingen yang terdiri dari puluhan eksemplar di tahun yang sama (1949). Kegiatan dilakukan hingga sore hari jam pulang kantor.

Jum'at, 6 Setember 2019[edit]

Jum'at. 6 September 2019. masih seperti biasanya dimulai dengan kegiatan pelabelan buku-buku Batavia Genotschaap terkhusunya Verhanlingen bersama Dafa dan adik-adik magang dari SMK di Jakarta dalam menyelesaikan tugas ini. Kemudaian setelah selesai shalat Jum'at dilanjutkan dengan menyrahkan hasil data-data inventaris ke Lantai 7.

Senin, 9 Setember 2019[edit]

Senin, 9 September, duimulai dari kegiatan perbaikan beberapa hasil revisian proposal skripsi yang ebla s oleh Pak Alfa dan Ibu Sania dari Bidang Penyajian. pencarian beberapa refrensi yang dilakukan di perpustakaan dengan menandai beberapa halaman buku yang dianggap tepat sesuai permasalahan proposal. Kegiatan terhenti dikarenakan teknis yang sdang mengalami kerusakan.

kemudian dilanjutkan dengan beberapa tugas seperti mamasukan foto-foto Koleksi Arkeologi yang belum ada. dengan memeriksa keseluruhan koleksi berdasarkan posisi, hasil nya dicetak agar mempermudah pendataan saat dilapangan

Selasa, 10 September 2019[edit]

Selasa, 10 September 2019, kegiatan diisi dengan pendokumetasian arca dan prasasti di Rotunda bersama teman magang dari divisi dokumentasi Ibnu Fajar. Pendokumentasian dilakukan di ruang rotunda dan akan berlanjut ke ruang-ruang berikut nya di Gedung A . Kegiatan akan dilanjutkan besok siang hari Rabu.

Kegiatan siang hari dilanjutkan dengan kegiatan pribadi yaitu kegiatan menyelesaikan kajian magang dan proposal skripsi

Rabu, 11 September 2019[edit]

Rabu, 11 September 2019. Kegiatan hari ini pada pagi hari yaitu pembuatan proposal skripsi dan baru tahap bab I dan akan dilanjutkan bab II. Pencarian beberapa referensi di perpustakaan Museum Nasional dan peminjaman 2 buku koleksi perpustakaan.

Setelah Istirahat dilanjutkan dengan kegiatan pendokumentasian arca dan prasasti di Gedung A bagian Selasar Timur . Terdapat sekitar 20 koleksi dan ada beberapa koleksi tidak dapat di foto karena cahaya matahari. Pendokumentasian akan dilanjutkan esok sebagai rutinitas.


Kamin, 12 September 2019[edit]

kamin, 12 September 2019. kegiatan dari pagi pukul 08.00 Wib-11.30 diisi dengan kegiatan klasifikasi koleksi Buku Perpustakaan dengan menggunkan excel, di samping itu, saya juga menyusun beberapa buku dengan memasukkanya kedalam kardus untuk di data kemudia hari

.

Selanjutnya, kegiatan adalah menginput gambar-gambar Koleksi yang ada di Selasar Timur Gedung A Museum Nasional. gambar-gambar koleksi di input pada laman wiki Museum. Dari 20 Koleksi hanya dapat 17 koleksi yang berhasil di ambil, hal ini dikarenkan beberapa koleksi terkena sinar Matahari. Hal itu berdampak pada kualitas gambar. Kemungkinan pengambilan diambil besok pagi

Senin, 16 september 2019[edit]

Kegiatan hari ini diawali dengan pelabelan buku-buku Reppoorten di perpustakaan. kegiatan dimulai pukul 08.00-11.30 dan dilanjurkan setalah istirahat dari jam 14.00-15.00 besama Nael dari magang bidang Penjajian dan Eva Nurinayah dari Perpustakaan. Setelah itu Bapak Alfa Noranda mengarahkan beberapa rak untk dilanjutkan esok hari. Target buku Belanda yang akan dilabel sampai minggu depan.

Berikutnya dari jam 15.00-16.00 dilanjutkan dengan kegiatan pribadi yakni melengkapi daftar isi dari Kajian Magang

Selasa, 17 September 2019[edit]

Selasa, 17 September 2019, Kegiatan pagi hari dimulai dengan pelabelan beberapa buku Repporten milik Bataviaasch Genootschap . tidak lama saya izin untuk mengunjungi Perpustakaan Nasional bersama Muhammad Daffa Atallarick dan mencari beberapa refrensi untuk tulisan sedangkan Daffa mengikuti seminar. Setelah siang hari dilanjutkan dengan pelabelan kembali dan akan dilanjutkan besok

Rabu, 18 September 2019[edit]

Rabu, 18 September 2019. kegiatan pagihari dimulai dengan pelabelan buku bersama Eva Nurinayah dan pendataan beberapa buku untuk dipidahkan ke Excel. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan doa bersama untuk pembuatan Storyline Gedung A bersama para pegawai museum

Siang hari, kami memngambil gambar Arca Gadjah bersama teman-teman magang Perpustakaan untuk pembuatan isi konten instagram. taidak lama itu saja diajak berkeliling dengan peneliti dari sumatera utara dan Bali yang mengakaji tentang epigraf. Mereka melihat beberapa prasasti yang ada di Gedung A . Setelah itu saya mendapatkan tugas kembali mengambil gambar Koleksi Arkeologi bersama Muhammad Daffa Atallarick , Nael, dan Eva Nurinayah di ruang rotunda di dampingi oleh Bapak Alfa Noranda . Kegiatan berlangsung hingga Ashar dengan ditutup dengan pemberian nama terhadap koleksi.

Kamis, 19 September 2019[edit]

Kegiatan hari ini diisi dengan pelabelan buku di perpustakaan melanjutkan pelabelan sebelumnya. kemudian dilanjutkan dengan pengambilan gambardi Selasar Utara bersama Nael dan akan dilanjutkan hari selasa.

Jum'at, 20 Sepetember 2019[edit]

Kegiatan hari Jum'at, 20 September 2019. Saya melanjutkan pelabelan beberapa buku yang ada di Perpustakaan Museum Nasional. Lalu, dilanjutkan dengan penyusunan gambar dari Selasar Utara ke wiki Museum. Kegiatan tersebut berlangsung hingga sore hari.

Senin, 23 September 2019[edit]

Kegiatan hari ini yaitu penyusunan foto-foto dari Koleksi Arkeologi yang kemudian akan di input ke wiki Museum. Terjadi beberapa kendala sepeti foto yang terlalu besar ukuranya sehingga perlu di compress agar foto bisa dimuat di website. Siang hari dilakukan pembuatan Slims bersama Bapak Alfa Noranda terjadi kesalahan pada database nya sehingga perbaikan dilanjutkan pada saat perjalanan pulang dan dirumah

Selasa, 24 September 2019[edit]

Pada pagi hari dimulai dengan pengambilan foto di Gedung A tepatnya di Taman Arkeologi dan Kertarajasa . Telah terjadi beberapa hambatan seperti perizinan untuk memasuki area Taman. beruntung kami (bersama Nael) melaporkan hal ini bersama Bapak Alfa Noranda sehingga kami dapat izin untuk memaskui area taman. Pengambilan foto didampingi juga oleh Satpam yang dimana ia bertanya kepada kami dari bidang apa dan menjalankan kegiatan apa

Siang hari nya dilanjutkan dengan tahap penyelasian SLiMs untuk kebutuhan Prodi Arkeologi Unja dan kami melanjutkan dengan pembuatan wikimedia untuk prodi juga. Hal ini bertujuan mengembang dan mempublikasikan kinerja Arkeologi Jambi sudah sampai dimana. Saya harap semua ini menjadikan kontribusi saya dalam mengembangkan prodi arkeologi UNJA dan pemikiran ini tetap terwarisakan ke almamater-almamater berikutnya.

Rabu, 25 September 2019[edit]

Kegiatan hari ini dimulai dengan pengeditan dan upload ke Wiki Museum Koleksi Arkeologi di ruang Kertarajasa lalu dilanjutkan pengambilan beberapa arca Koleksi Arkeologi di Selasar Selatan . Dikarenakan adanya kegiatan dari bidang lain maka akan dilanjutkan besok dan ditargetkan akan Selesai.

Pada siang hari dilaksanakan kegiatan makan bersama di perpustakaan. Lalu, Saya melanjutkan dengan kegiatan pelabelan dan pencatatan buku koleksi perpustakaan kemungkinan untuk koleksi buku lama akan di selesaikan Minggu ini.

Kamis, 26 September 2019[edit]

cuaca hari ini : Cerah & Berpolusi

Masih melanjutkan perbaikan wikimedia untuk prodi arkeologi UNJA bersama bapak Alfa Noranda . Pada akhirnya perbaikan dapat diselesaikan dan tidak lupa setiap tahap di catat. Pengisisan konten dimulai namun belum bisa dilanjutkan karena buntu.

Selanjutnya, kegiatan perombakan wikimedia melalui cpanel disini keahlian level amatir saya teruji. Setelah melakukan beberapa kali percobaan ternyata kesalahanya hanya satu yaitu tidak boleh adanya spasi terhadap pemograman. Sayapun berhasil dalam mengganti gambar profil dari wikimedia untuk Arkeologi.

Setelah melakukan pergantian profil terhadap wikimedia saya melanjutkan mencobanya dengan SLiMS namun karena waktu hal itu tidak dapat dilanjutkan. Kemungkinan akan dilanjutkan Besok.

Hasil yang dipelajari : Bertambanya pengetahuan seputar perancangan landing page dari Bapak Alfa Noranda bahwasanya bagian terkecil dari penyusunan landing pagi adalah Link, Lalu Script, Sistem, dan Landing Page itu sendiri. Tentunya semua itu diperlukan pelajaran yang mendalam kemabli.